Rabu, 04 April 2012

Praktikum Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (Jarkom) 3

7:48:00 PM

Share it Please
PRAKTIKUM JARKOM KE-3



POSTEST.

1.     Apa yang dimaksud dengan LAN?
2.     Apa yang dimaksud dengan Remote Dekstop?
3.     Apa perbedaan antara client – Server dengan Peer-to-Peer?

                        Jawaban

   1.  LAN atau Local Area Network adalah suatu jaringan komputer yang terdiri dari 2 (dua) atau lebih      komputer yang saling berhubungan.


   2.   Remote Dekstop adalah fasilitas komputer yang memungkinkan pengguna dapat meremote atau mengendalikan komputer dari komputer lain yang masuk atau terhubung dalam LAN.


   3.    Perbedaan antara Client – Server  dengan Peer – to – Peer adalah:

Client - Server
Peer – to – Peer
-          Host Sebagai Client hanya selalu meminta layanan kepada server.

-          Host sebagai Server hanya selalu memberi layanan kepada Client.
-          Semua komputer yang terhubung di dalam jaringan LAN dapat bebrfungsi sebagai Client maupun sebagai Server.




Langkah atau cara untuk menggunakan  fasilitas Sharing ( untuk berbagi data dengan komputer yang terhubung di dalam LAN ) adalah sebagai berikut  (dengan asumsi alamat IP sudah diatur sebelumnya):

1   1. Buat sebuah folder kemudian masukkan data atau sesuatu ke dalam folder tersebut.Bisa juga dengan memakai folder yang sudah ada di komputer.
   
    2.  Klik kanan di folder  tersebut dan pilih properties seperti gambar di bawah ini.


  
    3 Di dalam propreties, pilih menu Sharing dan pilih Advanced Sharing (di Windows 7 ).




    4. Kemudian centang atau ceklis pilihan Share This Folder dan pastikan folder name sama denga nama folder yang hendak dishare dan Anda juga dapat menentukan batas orang yang dapat mengakses file tersebut secara bersamaan di Limit to Number of Simultaneous users to:  .



    5. Anda juga dapat memberikan ijin khusus user yang mengakses dokumen yang kita share dengan mengklik tombol Permission dan tentukan ijinnya dengan mencentang atau mengecek ceklist yang ada di Permission for Everyone.



   6.  Setelah itu klik tombol OK. Beres deh buat sharing filenya J.

   7.  Untuk mengeceknya, dari komputer lain kita tinggal klik Start, all program , accessories dan klik run atau dapat juga menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Windows + R kemudian di field Open tuliskan alamat IP komputer kita dan kemudian klik OK.





Langkah atau cara untuk  menggunakan  fasilitas Remote Dekstop adalah sebagai berikut  (dengan asumsi alamat IP sudah diatur sebelumnya):


    1.  Pastikan Firewall di komputer yang terhubung di dalam LAN dimatikan terlebih dahulu.

    2. Kita buat dahulu acount dan password baru yang sama pada seluruh komputer yang terhubung di dalam jaringan.Ini dapat dilakukan dengan mengklik Start - control panel - User Acounts and Family Safety kemudian pilih User Account.Setelah itu pilih Manage Another  Account dan pilih Create a New Account.Jangan lupa tentukan juga passwordnya.

    3. Setelah itu,kita klik Start – all programs – accessories  - Remote Dekstop Connection hingga muuncul tampilan form Remote Dekstop Connections.




    4. Pada field Computer, isikan alamat IP komputer target dan klik Connect. Tunggu sampai proses koneksi selesai.

    5.   Setelah selesai, ada form baru lagi.Pada bagian Username isikan dengan nama acount yang barusan dibuat dan pada bagian Password juga isikan password yang barusan dibuat dan klik OK.

    6. Beres deh.Ketika kita sudah menguasai komputer target, kita dapat mengubah file – file yang ada pada komputer target tersebut (tapi ini tidak dianjurkan demi keamanan data bersama).


Kesimpulannya:

Layanan fitur ini sangat bermanfaat untuk semua orang.Fitur Sharing sangat bermanfaat apabila kita sedang praktikum dan ingin mengambil data dari komputer induk.Kita tunggal mengetikkan saja alamat IP pada form Open pada Run dan kita dapat mengambil (mencopy) data tampa harus repot ke komputer induk dengan membawa flashdisk (FD) untuk mencopy file yang ada di komputer induk.Untuk fitur Remote Dekstop menurut saya bermanfaat untuk menjahili komputer temen..hehehe...

#sekian


0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentarnya yah...:)