Sabtu, 24 Maret 2012

Dell Inc.

7:45:00 PM

Share it Please
Dell Computer Corporation didirikan pada tahun 1984 oleh Michael Dell. Dell Computer Corporation merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer terutama untuk kebutuhan Personal ( Personal Computer/PC ). Dell juga menjual produk – produk lainnya yang berhubungan dengan komputer seperti server, alat penyimpanan data, switch jaringan dan kluster komputer untuk perusahaan.

Dell bertempat di Round Rock, Texas dan sudah mempekerjakan lebih dari 82.700 karyawan di banyak Negara. Dell berkembang pada tahun 1980-1990 untuk menjadi penjual PC dan server terbesar pada saat itu. Pada tahun 2005 Dell telah menjadi salah satu perusaan yang paling dipandang, dan pada Februari 2005 Dell tampil di tempat pertama dalam urutan “Most Admired Companies” majalah Fortune.

Tahun 1985, Dell memproduksi komputer pertamanya yang diberi nama “Turbo PC”. Komputer yang merupakan hasil rancangan sendiri tersebut dijual dengan harga US$795 dan menggunakan prosesor Intel 8088-compatible dan berjalan pada kecepatan 8 Mhz.

Dell Corporation merupakan salah satu perusahaan pertama yang sukses dengan modal usaha tersebut dan meraih pendapatan kotor lebih dari $73 juta pada tahun pertama.

Nilai bisnis Dell berkembang dari $62 juta tahun 1985 menjadi $ 21,7 miliar tahun 1999. Kesukesannya ditemukan pada “direct business-to-customer model” atau penjualan langsung sesuai dengan model pelanggan yang merevolusi industri PC pertama – tama di US dan berkembang ke lebih dari 170 negara di dunia.


1.  Siapa saja pelanggan yang memerlukan produk atau layanan jasa dari perusahaan tersebut

Dell memproduksi banyak merk – merk khusus sesuai dengan kelompok konsumen yang berbeda.Contohnya,merk Optiplex , Latitude dap Precision ditujukan untuk kalangan bisnis menengah dan skala besar, dimana iklan perusahaan lebih menekankan pada masa pakai yang panjang, kehandalan dan kemampuan untuk terus beroperasi.Merk Dimension , Inspiron dan XPS lebih berorientasi pada konsumen , pelajar , dan lingkungan rumah – kantoran skala kecil , menekankan pada harga , performa dan kemampuan untuk dikembangkan lebih lanjut.Alienware ditujukan untuk para gammer , teurtama untuk gammer kelas berat , menekankan pada kualitas hadware , kehandalan dan performa yang sangat bagus.Dan masih banyak lagi merk yang lainnya.

2. Siapa saja pesaing yang memiliki kegiatan bisnis sejenis.

Karena pada saat ini kita masuk dalam era Globalisasi yang ditunjukkan dengan berkembang pesatnya teknologi, maka banyak perusahaan yang memanfaatkan untuk menjual produk teknologi yang mereka buat.Pesaing yang sama- sama menggeluti bidang perangkat keras komputer adalah Acer , HP (Hewlett-packard) , Toshiba , Asus , Sony , Axio , Samsung , Fujitsu ,dll.Masing – masing pesaing ini mempunyai produk yang menjadi unggulan merekauntuk merebut pangsa pasar dunia.

3. Jelaskan keunggulan mereka dibanding perusahaan/instansi

Keunggulan yang dimiliki oleh Dell dibandingkan dengan para kompetitornya adalah dell mampu membaca kondisi dan keingainan pasar pada saat yang tepat.Contohnya pada saat pasar komputer menginginkan adanya komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk bermain game berat maka Dell segera membuat komputer atau laptop yang sesuai yaitu dengan meluncurkan komputer / laptop dengan merk “Alienware”.Selain itu, komponen – komponen yang digunakan untuk membuat produk mereka adalah komponen yang terbaik sehingga produk mereka awet , performanya tinggi dan handal.

Di bidang pelayanan, keunggulan Dell adalah sudah danya service center yang terdapat di seluruh kota di Indonesia dengan service 24 jam dengan waktu service yang relatif singkat.

4. Apakah Visi, Misi dan Tujuan Organisasi?

Visi Dell:

Melalui komunitas partnership (persekutuan) yang efektif dan strategis, Dell membantu program pelayanan pendidikan yang menempatkan akses teknologi yang paling kritis dan dasar yang diperlukan oleh komunitas Dell sebagai prasyarat untuk sukses di dunia digital. Hal ini adalah cara kami dalam melakukan bisnis, hal ini juga merupakan cara kami berinteraksi dengan komunitas kami,. Hal ini merupakan cara kami mengartikan dunia disekitar kami — kebutuhan pelanggan, masa depan teknologi, dan iklim bisnis global. Apapun perubahan yang terjadi di masa depan akan membawa visi kami – visi Dell – akan menjadi kekuatan pembimbing kami.

Misi Dell:

Misi Dell Computer adalah menjadi perusahaan komputer yang paling berhasil di dunia dalam hal memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di pasar yang kami layani. Dalam melakukan hal tersebut, Dell berusaha memenuhi harapan terbaik para pelanggan terhadap mutu terbaik, teknologi unggul, penentuan harga yang kompetitif, tanggung jawab perorangan dan perusahaan, pelayanan dan dukungan terbaik; kemampuan penyesuaian yang luwes, kewargaan korporat yang baik, dan kestabilan finansial.

5. Tujuan Organisasi:

Tujuan Dell Inc. adalah memberikan produk dengan kualitas terbaik dengan harga lebih murah dan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya agar para pelanggannya puas terhadap Dell Inc.

6.  Berkaitan dengan model strategi sistem informasi

a. Strategi bisnis/proses bisnis yang telah dicanangkan

1.a. Strategi Generik.

Dell Inc. Memiliki strategi generik dalam menjalankan bsinisnya sebagai low-cost provider.Sebagai produsen perangkat keras komputer , Dell inc. Menawarkan harga yang lebih rendah daripada pesaing – pesaingnya seperti Hewlett-Packard, Cisco ,IBM , dan lain – lain.Hal ini disebabkan karena untuk jenis produk yang sama, Dell Inc. Menetapkan tingkat margin yang lebih rendah sehingga harga yang ditawarkan kepada pelanggan menjadi lebih murah dan Dell Inc. Mampu memberikan penghematan cost yang signifikan bagi mereka.Untuk mencapai hal tersebut, Dell Inc. Melakukan analisis rantai nilai dan bekerja sama dengan pemasok kunci yang dapat memasok barang dengan hargayang lebih rendah tetapi tetap menjaga kualitas pasokannya.Analisis rantai yang dilakukan Dell Inc. Mampu menghilangkan aktivitas penjualan dan pemasaran melalui reseller, dimana aktivitas tersebut dimiliki oleh pesaing Dell Inc. Yang lain.Strategi penjualan langsung yang diterapkan oleh Dell Inc. menjadikan perusahaan tersebut memiliki rantai nilai yang lebih pendek daripada pesaingnya sehingga memberikan keunggulan kompetitif bagi Dell Inc.

Strategi lain yang dilakukan Dell Inc. Sebagai low-cost provider adalah menerapkan aktivitas riset dan pengembangan yang cukup besar.Aktivitas tersebut dilakukan untuk menelusuri dan menguji perkembangan – perkembangan terkini yang terjadi dalam komponen perangkat keras maupun perqangkat lunak komputer.Memastikan komponen terbaru mana yang mampu memberikan keunggulan terbesar dengan cost rendah yang selanjutnya akan digunakan dalam produk Dell Inc. yang baru.Anggaran yang disediakan Dell Inc. untuk aktivitas riset dan pengembangan ini berkisar antara $430 - $500 juta per tahun .Bahkan pada tahun 2008, anggaran tersebut meningkat menjadi $600 juta.Dell Inc. juga menggunakan sistem on line untuk melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran produk mereka melalui www.dell.com. Bahkan untuk layanan purna jual , Dell menyediakan fasilitas layanan perbaikan secara on line. Layanan ini memungkinkan para pelanggan Dell Inc. melakukan komplain terkait produk yang mengalami kerusakan melalui situs tertentu dan pada saat yang bersamaan sistem on line service yang dimiliki Dell Inc. mampu mengidentifikasi dan memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan tersebut.Hal ini dilakukan agar kepuasan pelanggan tetap terjaga dan biaya yang dikeluarkan Dell Inc. dapat ditekan sedemikian rupa sehingga Dell mampu menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan pesaingnya.

2.a. Strategi Organisasi Pendukung strategi bisnis

Untuk menacapai strategi low-cost provider, Dell Inc. menggunakan beberapa strategi lain yang mampu mendukung strategi generik mereka. Salah satunya adalah Dell melakukan aliansi strategis dengan EMS , sebuah perusahaan penghasil perangkat penyimpanan (data storage).Aliansi ini memungkinkan Dell untuk nersaing dengan Cisco sebagai penghasil utama perangkat penyimpanan.Dell juga melepaskan beberapa aktivitas rantai lainnya kepada pihak lain dengan melakukan Kontrak Outsourcing.Untuk memberikan nilai tambah kepada para pelanggannya , Dell memberikan jasa tambahan yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk menggunakan perangkat keras yang disediakan oleh Dell. Untuk mendukung tujuan tersebut, Dell melakukan akuisisi terhadap sejumlah perusahaan penyedia perangkat keras yang cukup terkemuka seperti Everdream Co , SilverBack Technologies Inc. , Messageone Inc. ,dan sebagainya pada tahun 2007 dan 2008. Total akuisisi yang dilakukan Dell sepanjang 2007 – 2008 adalah sebanyak enam (6) perusahaan. Akuisisi tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kemampuat Dell dalam menyediakan layanan bernilai tambah kepada para pelanggannya.

3. a. Strategi Informasi Pendukung strategi bisnis (hardware, software, jaringan, internet)

http://www.dellm2m.com/front/ : website Dell indonesia
http://www.alienware.com/        : website khusus untuk seri Alienware



Sumber Referensi :
http://abraham22.wordpress.com/2009/03/22/dell/
http://dee-mind.blogspot.com/2011/01/dell-inc_30.html
http://www.managementfile.com/journal.php?sub=journal&awal=90&page=str_mgt&id=71

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentarnya yah...:)